Pembelajaran berbasis
kompetensi adalah pembelajaran yang dilakukan dengan orientasi pencapaian
kompetensi peserta didik. Sehingga muara akhir hasil pembelajaran adalah
meningkatnya kompetensi peserta didik yang dapat diukur dalam pola sikap,
pengetahuan, dan keterampilannya.
Prinsip pembelajaran berbasis
kompetensi adalah sebagai berikut:
- Berpusat
     pada peserta didik agar mencapai kompetensi yang diharapkan. Peserta didik
     menjadi subjek pembelajaran sehingga keterlibatan aktivitasnya dalam pembelajaran
     tinggi. Tugas guru adalah mendesain kegiatan pembelajaran agar tersedia
     ruang dan waktu bagi peserta didik belajar secara aktif dalam mencapai
     kompetensinya.
- Pembelajaran
     terpadu agar kompetensi yang dirumuskan dalam KD dan SK tercapai secara utuh.
     Aspek kompetensi yang terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan
     terintegrasi menjadi satu kesatuan.
- Pembelajaran
     dilakukan dengan sudut pandang adanya keunikan individual setiap peserta
     didik. Peserta didik memiliki karakteristik, potensi, dan kecepatan
     belajar yang beragam. Oleh karena itu dalam kelas dengan jumlah tertentu,
     guru perlu memberikan layanan individual agar dapat mengenal dan
     mengembangkan peserta didiknya.
- Pembelajaran
     dilakukan secara bertahap dan terus menerus menerapkan prinsip
     pembelajaran tuntas (mastery learning) sehingga mencapai
     ketuntasan yang ditetapkan. Peserta didik yang belum tuntas diberikan
     layanan remedial, sedangkan yang sudah tuntas diberikan layanan pengayaan
     atau melanjutkan pada kompetensi berikutnya.
- Pembelajaran
     dihadapkan pada situasi pemecahan masalah, sehingga peserta didik menjadi
     pembelajar yang kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah yang
     dihadapi. Oleh karena itu guru perlu mendesain pembelajaran yang berkaitan
     dengan permasalahan kehidupan atau konteks kehidupan peserta didik dan
     lingkungan.
- Pembelajaran dilakukan dengan multi strategi dan multimedia sehingga memberikan pengalaman belajar beragam bagi peserta didik.
- Peran guru sebagai fasilitator, motivator, dan narasumber.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar