Jumat, 16 November 2012

Sejarah Cooperative Learning dengan Concept Sentence

       Model pembelajaran concept sentence ini adalah merupakan salah satu pengembangan atau turunan dari cooperative learning. Secara umum cooperative learning adalah metode pembelajaran yang mengutamakan kerja sama yang saling menguntungkan, jauh segala unsur perbedaan peserta didik baik agama, suku, ras yang dapat menimbulkan konfik, model pembelajaran ini sangat cocok untuk memberikan keleluasaan bagi bagi siswa dalam mengemukakan ide masing-masing. Model pembalajaran concept sentence adalah merupakan salah satu variasi dari Cooperative Learning . Banyak kesimpangsiuran mengenai asal usul Cooverative Learning ini. 
Menurut Arends (2007 : 7), 
“Model pembelajaran cooperative learning tidak berevolusi dari sebuah teori individual atau dari sebuah pendekatan tunggal tentang belajar. Ia berakar pada masa Yunani awal, tetapi perkembangan kontemporernya dapat dilacak ke hasil karya para psikolog pendidikan dan para teoretisi pedagogis di awal abad ke dua puluh, mau pun teori-teori pemrosesan informasi yang terkait dengan belajar dan teoretisi-teoretisi kognitif dan perkembangan, seperti Piaget dan Vygotsky.” 
Model cooperative learning ini dipopulerkan sekitar tahun 1950-an adalah merupakan salah satu solusi jalan keluar digunakan di Amerika Serikat pada tahun 1954 dimana pada masa itu terjadi kontak fisik antar ras kulit putih, kulit hitam dan hispanik (latin seperti Spanyol, Portugis). Konsep pembelajaran ini pada masa itu adalah pembelajaran yang berazaskan kerja sama antar rasial untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang saling menguntungkan antara ras dan suku bangsa yang berbeda di Amerika. 
     Pencetus ide cooperative learning adalah Jonh Dewey pada tahun 1916 dalam bukunya yang berjudul Democracy and Education kemudian pada kurun waktu 1954-1960 Herbert Thelen mengembangkan prosedur-prosedur yang lebih teliti untuk membantu siswa bekerja dalam kelompok. Eggen dan Kauchack (dalam Trianto 2007 : 42) menyatakan bahwa pembelajaran kooperatif merupakan sebuah kelompok strategi pengajaran yang melibatkan siswa bekerja secara berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.

4 komentar:

  1. halo slm knal.. bole mnt nama fb ngga? kbtulan sy juga perlu sm model consept sentence tntg referensi bukuny.. mkasii yaa:)

    BalasHapus
  2. Berikut adalah beberapa buku yang memuat teori mengenai concept sentence:

    Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. sssssssJakarta : Rineka Cipta
    Joyce, B.dkk. 2009. Model of Teaching (diterjemahkan oleh ahmad Fawaid dan sfdff Ateiilah Mirza). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
    Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
    Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
    Taniredja, Tukiran dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: wwwwAlfabeta
    Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana

    Terima kasih telah berkunjung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih.. ini sangat membantu. jika ada file pdf mengenai model pembelajaran concept sentence mohon di kirim ke fb atas nama Ifitriyanti ya..

      Hapus
  3. Kapan cooperative learning diperkenalkan di Indonesia?

    BalasHapus