Kamis, 19 April 2012

Pengertian Kebudayaan


Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dengan demikian ke-budaya-an dapat diartikan : “ hal-hal yang bersangkutan dengan akal “.
 Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.
 Dalam pandangan ilmu sosial kebudayaan diartikan sebagai kumpulan ilmu pengetahuan yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Makna ini scara kontras berbeda dari kebudayaan sehari-hari. Dimana masyarakat awam umumnya akan membayangkan kebudayaan itu adalah sebagai hasil karya manusia yang berhubungan dengan dunia seni / kesenian dalam berbagai cabangnya, yakni berupa tari-tarian, drama, lukisan, hasi kerajinan, seni arsitektur dan sebagainya. Dalam disiplin ilmu antropologi, kebudayaan dapat diartikan sebagai himpunan pengalaman yang dipelajari manusia sepanjang hidupnya yang akan diwariskan kepada keturunannya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar