Sebelum menentukan materi pembelajaran terlebih dahulu perlu
diidentifikasi aspek-aspek standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus
dipelajari atau dikuasai siswa. Aspek tersebut perlu ditentukan, karena setiap
aspek standar kompetensi dan kompetensi dasar memerlukan jenis materi yang
berbeda-beda dalam kegiatan pembelajaran.
Ruang lingkup
bahan ajar mencakup setidaknya:
1. Judul, MP,
SK, KD, Indikator, Tempat
2. Petunjuk
belajar (petunjuk siswa/ guru)
Berisi tentang
penjelasan cara penggunaan suatu bahan ajar tersebut yang
akan dipelajari
dalam sebuah kegiatan pembelajaran,
3. Kompetensi
yang akan dicapai
Materi pembelajaran hendaknya relevan atau ada kaitan atau ada
hubungannya dengan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebagai
misal, jika kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa berupa menghafal fakta,
maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta atau bahan hafalan.
4. Informasi
pendukung
Infromasi ini sebagai penambah agar siswa dapat lebih tertarik atau
memperjelas suatu sub bahasan dari bahan ajar tersebut. Contoh Foto Iustrasi,
Kotak Kecil (insert) yang berfungsi untuk memperjelas materi
yang perlu dipahami
oleh siswa lebih dalam.
5.
Latihan-latihan
Latihan-latihan
yang terdapat pada akhir subbab, akhir bab, akhir semester
I dan semester
II.
Dapat berupa
Lembar Kerja Siswa
7. Evaluasi
Latihan akhir
dari sebuah periode pembelajaran atau seluruh semester baik
semester I dan semester II
Tidak ada komentar:
Posting Komentar