Senin, 30 April 2012

Ruang Lingkup Bahan Ajar


Sebelum menentukan materi pembelajaran terlebih dahulu perlu diidentifikasi aspek-aspek standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dipelajari atau dikuasai siswa. Aspek tersebut perlu ditentukan, karena setiap aspek standar kompetensi dan kompetensi dasar memerlukan jenis materi yang berbeda-beda dalam kegiatan pembelajaran.
Ruang lingkup bahan ajar mencakup setidaknya:
1. Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat
2. Petunjuk belajar (petunjuk siswa/ guru)
Berisi tentang penjelasan cara penggunaan suatu bahan ajar tersebut yang
akan dipelajari dalam sebuah kegiatan pembelajaran,
3. Kompetensi yang akan dicapai
Materi pembelajaran hendaknya relevan atau ada kaitan atau ada hubungannya dengan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebagai misal, jika kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta atau bahan hafalan.
4. Informasi pendukung
Infromasi ini sebagai penambah agar siswa dapat lebih tertarik atau memperjelas suatu sub bahasan dari bahan ajar tersebut. Contoh Foto Iustrasi, Kotak Kecil (insert) yang berfungsi untuk memperjelas materi
yang perlu dipahami oleh siswa lebih dalam.
5. Latihan-latihan
Latihan-latihan yang terdapat pada akhir subbab, akhir bab, akhir semester
I dan semester II.
6. Petunjuk Kerja
Dapat berupa Lembar Kerja Siswa
7. Evaluasi
Latihan akhir dari sebuah periode pembelajaran atau seluruh semester baik
semester I dan semester II 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar