Penulis menggolongkan fungsi-fungsi evaluasi
tersebut ke dalam:
1) Fungsi evaluasi belajar untuk kepentingan murid
1.1 Untuk mengetahui kemajuan
belajarnya
Kemajuan
belajar murid adapat diketahui dengan membandingakan statusnya sebelum dan
sesudah melakukan prestasi sebelum mengikuti pelajaran dan prestasi sesudah
belajar.
1.2 Untuk dipergunakan sebagai
dorongan atau motivasi bealajar
Keberhasilan
maupun kegagalan usaha belajar yang tercermin dalam hasil studi akan
berpengaruh besar bagi usaha-usaha belajar selanjutnya. Bagi murid-murid yang
telah berhasil memperoleh studi yang baik yang berarti mengalami keberhasilan
studi, hal itu akan dapat dijadikan pegangan atau ukuran bahwa proses atau cara
belajar yang dilaksanakan selama ini sudah cukup baik.
1.3 Untuk memberikan
pengalaman belajar atau self evaluation
Mengetahui
akan keberhasilan/ kegagalan akan dapat dijadikan pegangan/ ukuran terhadap
usaha-usaha belajar selanjutnya.
2. Fungsi evaluasi belajar untuk kepentingan
pendidikan
2.1 Untuk menyeleksi
murid-murid yang selanjutnya berguna untuk meramal keberhasilan berikutnya
Seleksi berarti menyaring beberapa orang dari banyak orang
untuk satu program studi/ lapangan kerja tertentu. Sebagai alat untuk
menyeleksi tersebut dipergunakan tes/ ujian/ tugas-tugas dan lain-lain.
2.2 Untuk mengetahui
sebab-sebab kesulitan belajar murid
2.3 Untuk memberi pedoman
mengajar
Tes diagnostik yang dimaksud untuk mengetahui tentang
sebab-sebab kesulitan belajar murid disamping berguna untuk membimbing cara
belajar murdi, berguna juga untuk memberikan bimbingan mengajar kepada guru.
2.4 Untuk mengetahui ketepatan
metode mengajar
Dengan menilai hasil belajar murid, akan dapat diketahui
prestasi murid, yaitu apakah murid-murid dalam kelas itu memperoleh skor
rata-rat tinggi atau rendah.
2.5 Untuk penempatan murid
dalam kelasnya
Dengan melakukan pengukuran terhadap prestasi murid, akan
diketahui perbedaan tingkat prestasi belajar murid. Dengan mengetahui perbedaan
tingkat prestasi belajar murid murid-murid ini selanjutnya berguna untuk
menggolong-golongkan murid sesuai dengan tingkatannya.
3. Fungsi evaluasi hasil belajar untuk kepentingan
organisasi lembaga pendidikan
3.1 Untuk mempertahankan standar
pendidikan
Dalam evaluasi hasil belajar, standar merupakan persyaratan
minimum untuk menentukan lulus tidaknya atau menguasai tidaknya seseorang dalam
tugas-tugas yang dibebankan kepadanya.
3.2 Untuk menilai ketepatan
kurikulum yang disediakan
Dalam usaha mencapai tujuan pendidikan, diperlukan
bermacam-macam sarana. Kurikulum merupakan sebagian saran itu.
33. Untuk menilai kemajuan
sekolah yang bersangkutan
Salah
satu faktor yang terpenting untuk menilai kemajuan suatu sekolah ialah dengan
mengetahui tentang presatsi belajar murid-muridnya disamping tat kerja sistem
administrasi, kualifikasi tenaga pengajar, perlengakapan pendidikan/
laboratorium dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar