Keterampilan
berbahasa ( atau langue arts, langue skills ) dalam kurikulum sekolah
biasanya mencakup empat segi, yaitu :
- keterampilan menyimak ( listening skills )
- keterampilan berbicara ( speaking skills )
- keterampilan membaca ( reading skils )
- keterampilan menulis ( writing skills )
Setiap keterampilan itu erat sekali
berhubungan dengan ketiga keterampilan lainnya dengan cara yang beraneka ragam.
Dalam memperoleh keterampilan berbahasa,
biasanya kita melalui suatu hubungan urutan yang terakhir ; mula-mula pada masa
kecil kita belajar menyimak bahasa, kemudian berbicara , sesudah itu kita
membaca, dan menulis. Keempat keterampilan tersebut pada dasarnya merupakan
satu kesatuan, merupakan catur tunggal.
Selanjutnya
setiap keterampilan tersebut erat pula berhubungnan dengan proses-proses
berpikir yang mendasari bahasa. Bahasa seseorang mencerminkan pikirannya.
Semakin terampil seseorang berbahasa, semakin cerah dan jelas pula jalan
pikirannya. Keterampilan hanya dapat diperoleh dan dikuasai dengan jalan
praktek dan banyak latihan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar