Menyimak
adalah salah satu keterampilan berbahasa, selain berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian
mengenai menyimak dalam kehidupan maupun dalam kurikulum sekolah dapat dikatakan
masih sangat langka. Pada tahun 1992, Paul T. Rankin dari Detroit Public School ,
menyelesaikan sebuah survey mengenai penggunaan waktu dalam keempat
keterampilan berbahasa. Beliau menelaah komunikasi-komunikasi pribadi 68 orang
dari berbagai pekerjaan dan jabatan untuk menentukan presentasi waktu yang mereka
pergunakan untuk berbicara, membaca, menulis dan menyimak. Selama kira-kira dua
bulan ke-68 orang tersebut diawasi dan diteliti dalam bidang kegiatan-kegiatan
tadi setiap 15 menit dari hari-hari jaga, hari-hari bangun mereka. Paul T .
Rankin menemui bahwa mereka ini mempergunakan waktu berkomunikasi mereka
sebagai berikut :
Menulis
9%
Membaca
16%
Berbicara
30%
Menyimak
45%
Dalam kenyataan praktek, survey
menyatakan bahwa pada umumnya kita menggunakan waktu untuk menyimak hampir tiga
kali sebanyak waktu untuk membaca ( sarana penting lainnya untuk menerima
informasi ) tetapi anehnya sedikit sekali perhatian diberikan untuk melatih
orang menyimak. Pada sekolah-sekolah di Detroit , Rankin menemukan bahwa dalam
penekanan pengajaran di kelas :
Menyimak memperoleh hanya 8 %
izin copas ya.....untuk nmbah2 buat modul
BalasHapusMakasi kak bacaanya izin copas utk tugas ya kak
BalasHapus